FORUM KOMUNIKASI KELITBANGAN

Dengan bertujuan untuk meningkatkan kinerja unit Kelitbangan Kementerian dan Lembaga, sejak tahun 2003 telah dibentuk suatu Forum Komunikasi Kelitbangan (FKK) Kementerian/Lembaga, ditetapkan sebagai Koordinator FKK tersebut adalah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan HAM, Kementerian Hukum dan HAM. Salah satu program FKK adalah melakukan pertemuan berkala untuk membahas masalah-masalah yang dihadapi oleh lembaga-lembaga litbang dan sharing informasi antar komunitas Kelitbangan.

Pertemuan berkala yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Kelitbangan Kementrian/Lembaga (FKK) dilaksanakan secara bergilir oleh setiap Kementrian atau Lembaga. Pada kesempatan pertemuan kali ini, LIPI menjadi Host yang diselenggarakan ditengah-tengah moment acara LIPI-EXPO 2014 yang diadakan di Kawasan Cibinong Science Center (CSC) pada hari Kamis, 11 September 2014.

Pertemuan yang diadakan di Gedung Widya Satwoloka, Cibinong Science Center ini mengusung tema “Peningkatan Profesionalisme Peneliti dan Perlindungan Hasil-hasil Litbang menuju Lembaga Riset Berkelas Dunia”.

Acara yang diawali dengan sambutan dari Kepala LIPI dan Keaaraaidahului makan siangngaga pala Badan Litbang HAM, Kementerian Hukum dan HAM selaku Koordinator FKK ini menghadirkan 4 narasumber, yaitu Ketua Majelis Profesor Riset LIPI, Narasumber dari Ditjen HKI, Kementerian Hukum & HAM, Sekjen Himpenindo, dan Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI.

Dengan dimoderatori oleh Prof. Dr. Eko Baroto Waluyo, acara berlangsung dari jam 13.00 sampai dengan 16.00. Ketua Majelis Profesor Riset LIPI, Prof. Dr. Erman Aminullah M.Sc. memberikan paparan tentang etika peneliti, Bapak Arif Syamsuddin dari Ditjen HKI memberikan paparan tentang pengelolaan paten dan royalty, Sekjen Himpenindo Prof. Dr. Enny Sudarmonowati  memberikan paparan tentang Eksistensi Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) dan Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto, M.Agr. memberikan paparan tentang Percepatan Komersialisasi Hasil-Hasil Riset .

Komentar


Berikan Tanggapan