KLARIFIKASI BELANJA PEGAWAI DAN BELANJA OPERASIONAL TAHUN 2015

Pada tanggal 21 Agustus 2015, bertempat di Kebun Raya Cibodas, Biro Perencanaan dan Keuangan LIPI mengadakan acara Klarifikasi Belanja Pegawai dan Belanja Operasional LIPI Tahun Anggaran 2015 dengan mengundang Satuan Kerja di Lingkungan LIPI.

Latar belakang diselenggarakan acara ini adalah kebutuhan gaji pegawai merupakan hal yang harus dipenuhi karena gaji merupakan kebutuhan primer bagi pegawai sebagai alat untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya secara ekonomis. Gaji juga merupakan kompensasi yang diberikan kepada pegawai yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Sehingga pemenuhan kebutuhan gaji pegawai tersebut harus selalu dimonitor agar tidak terjadi kekurangan terhadap gaji pegawai tersebut. Menurut PP No.7 Tahun 1977 tentang Gaji PNS, selain gaji pokok kepada PNS juga diberikan tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, serta tunjangan pangan. Disamping gaji, sebagai hasil dari reformasi birokrasi pegawai juga diberikan tunjangan kinerja. Tunjangan kinerja merupakan penghasilan yang diberikan kepada pegawai berdasarkan kehadiran dan prestasi kerja.

Acara ini bertujuan untuk melakukan klarifikasi mengenai realisasi belanja pegawai serta belanja daya dan jasa untuk mengetahui kesesuaian data yang diterima dengan kebutuhan gaji dan belanja langganan daya dan jasa pada masing-masing satuan kerja.

Selanjutnya dengan adanya klarifikasi ini nantinya dapat diambil tindakan apabila ada kekurangan dalam belanja pegawai dan belanja daya dan jasa serta dilakukan revisi anggaran untuk belanja pegawai dan belanja daya dan jasa.

 

Metode klarifikasi belanja pegawai dan langganan daya jasa pada hari ini dilakukan dengan cara satuan kerja dibagi per kedeputian, dimana masing-masing kedeputian direviu oleh tim dari Bagian Anggaran BPK LIPI.

Komentar


Berikan Tanggapan